Selasa 18 Oktober 2022 bertempat di rumah dinas Camat Kalimanah,

Pengurus Dewan Harian Cabang  Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC 45) Kabupaten Purbalingga melakukan kegiatan silaturahmi dengan Dewan Harian Ranting Cabang  Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHR 45) Kecamatan Kalimanah. Hadir pada kesesempatan tersebut Drs. Annas Sumarjo selaku Ketua DHC 45 Kabupaten Purbalingga didampingi jajaran pengurus DHC 45 antara lain Tafrikan dan Djumarno, SE. Rombongan Pengurus DHC 45 Kabupaten Purbalingga diterima oleh Camat Kalimanah Wijayanto, S.Sos beserta Forkopimcam dan segeenap Pengurus DHR 45 Kecamatan Kalimanah.

Ketua DHC 45 Kabupaten Purbalingga Drs. Annas Sumarjo mengatakan

tujuan adanya organisasi DHC 45 ini adalah untuk menumbuhkembangkan dan melestarikan nilai-nilai kejuangan 45 yang telah ditunjukkan para pejuang kemerdekaan.

Kemudian, dijelaskan tentang kepengurusan Pembudayaan Kejuangan 45 ada 4 tingkatan yaitu tingkat nasional Dewan Harian Nasional 45, tingkat provinsi Dewan Harian Daerah 45,  tingkat Kabupaten Dewan Harian Cabang 45 dan tingkat Kecamatan Dewan Harian Ranting 45.

Oleh karena itu, Dewan Harian Cabang (DHC) 45 dan Dewan Harian Ranting (DHR) 45 diharapkan dapat menularkan nilai -nilai kejuangan 45 serta dapat menjadi mitra pemerintah yang strategis dan merupakan komponen bangsa yang mempunyai misi melestarikan pesan dan nilai -nilai patriotisme perjuangan dari para pejuang.

Beberaapa hal yang menjadi bahan diskusi antaralain lunturnya nilai – nilai nasionalisme di kalangan generasi muda saat ini sangat nyata, ditambah lagi pada nilai- nilai kejuangan yang semestinya di dapat pada pendidikan formal juga mengalami kendala.

Saat ini tonggak perjuangan dan kepemimpinan ada pada generasi muda, namun tidak bisa dipungkiri bahwa era globalisasi saat ini didukung dengan kemajuan teknologi, apabila tidak bijak dalam menyikapi maka akan menimbulkan dampak negatif, salah satunya lunturnya nilai- nilai nasionalisme di kalangan generasi muda.

Terkait itu, dengan adanya silaturahmi ini nantinya akan menghasilkan berbagai program kegiatan DHC 45 maupu DHR 45 yang mendukung terwujudnya generasi muda yang memiliki jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme yang tinggi.