PURBALINGGA – Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah sebagai kelurahan yang identik dengan penghasil makanan tahu menggelar Festival Tahu, Minggu (9/12) di area parkir swalayan KenMriki. Kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda Karang Taruna ‘Medan Remaja’ Kelurahan Kalikabong ini merupakan acara untuk memeriahkan hari jadi Purbalingga yang ke-188.

Lukman Setiyono selaku ketua Karangtaruna Medan Remaja, menjelaskan dalam fastival ini juga ada beberapa lomba bertemakan makanan Tahu. Diantaranya : Lomba membuat kudapan berbahan dasar tahu, lomba mewarnai untuk anak TK bertemakan tahu.
“Lomba memasak kudapan bakal diikuti oleh 35 grup PKK di Kalikabong dan lomba mewarnai bakal diikuti 150 anak TK di Kalikabong,” kata Lukman.
Acara diramaikan dengan Bazar Tahu dengan aneka produk makanan olahan tahu yang inovatif. Selain itu juga ada, Pesta Tahu yang disediakan secara gratis untuk para pengunjung. Selain itu juga ada Demo masak yang mengadirkan Chef dari Hotel Owabong dan Hotel Java Heritage Purwokerto.
“Tujuan kami juga untuk memperkenalkan produk dan olahan tahu kepada masyarakat,” katanya.
Kegiatan bertemakan tahu ini juga menurutnya bertujuan untuk memunculkan kembali spirit wirausaha berproduksi tahu. Sebab selama ini generasi muda di Kalikabong cenderung beralih profesi menjadi karyawan bulu mata atau rambut palsu.
Sementara dengan adanya lomba kudapan tahu bakal memancing ide ide kreatif dari masyarakat baik produsen maupun konsumen tahu. “Sebab selama ini masyarakat hanya terfokus untuk berproduksi saja, belum sampai banyak belajar untuk mengolah tahu menjadi kudapan yang bisa dijual dengan nilai ekonomi yang tinggi,” ujarnya.
Aneka kudapan tahu yang inovatif, tersaji dalam perlombaan tersebut. Diantaranya Mangkok tahu isi ayam, martabak isi tahu, karamel tahu, cake tahu kismis, kroket tahu, donat tahu, gempol tahu, nuget tahu dan lain sebagainya.(Gn/Humas)